Assalamu'alaikum... Welcome in My Site!

Pages

Wednesday 7 April 2010

Cara Mempercepat Loading Blogspot

Share/Bookmark
Di zaman era gombalisasi (whueh) seperti ini... siapa sih yang gak kenal sama Blogger? Yup, hampir semua kalangan selalu memanfaatkan 'benda' ini. Entah itu untuk keperluan bisnis, atau hanya sekedar ajang ekspresi diri, bahkan hanya untuk memenuhi tuntutan tugas TIK (nyindir nih?).

Terutama, untuk aktivis blog yang masih pemula. Mereka berlomba-lomba untuk menghias dan mempercantik blog mereka dengan segala apapun kemampuan mereka. Ada yang rajin banget baca tutorial blog, beli buku tentang blog trus belajar autodidak, ada juga yang nyontek, bahkan ada yang ngancem seperti "Eh, mau gak mau elo harus ajarin gue cara ngasih javascript! Kalo gak, awas lo!". Hehehe.

Tapi, tahukah agan dan sist sekalian? Cara-cara seperti itu hanya akan membuat traffic pengunjung kita bakalan turun. Gampangnya, visitor dari blog kalian bakalan lari dan bakalan nge-close tab blog kita. Why? Karena mereka gak tahan dengan loading blog kita yang super duper lambat karena kebanyakan rebyek. Misalkan widget-widget yang tidak perlu, javascript, jam, animasi flash dan label yang terlalu banyak sampai foto-foto narsis yang dipasang (pengalaman temen-temen saya bloggermania sekalian..). Alhasil, si pengunjung bakal bosen nungguin loading time blog kita sedangkan si pengunjung itu sudah lumutan! Oh tidak!



1. Panjang pendeknya postingan.

Loading yang diperlukan oleh blog, dipengaruhi oleh besarnya posting atau widget berupa gambar (apalagi dalam bentuk flash) yang dibuat dan ditampilkan pada halaman utama. Sebetulnya, kita bisa mengatur jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama Pengaturan Format tab jika kita menggunakan Blogger.com. Kemudian kita dapat memilih besarnya jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama. Saya menyarankan untuk menampilkan 10 atau lebih sedikit posting di halaman utama atau menggunakan penggalan postingan (read more) seperti pada blog saya ini.

2. Kode Script

Javascript itu hal yang menarik jika kita pasang di website atau di blog. Tapi hal ini juga faktor yang membuat load time atau kecepatan loading website atau blog menjadi super lambat i superman. Dan inilah salah satu hal yang gak bisa dihilangkan dari blogspot, karena pemanggilan blog ini menggunakan script yg satu ini baik untuk postingan widget-widget dan isi blog yang laen. Bila anda menggunakan javascript dan link blog yang memuat kecepatan optimal, saya sarankan menggunakan javascript, widget dan link dari Google / Blogger. Tapi menurut saya, blog agan san sist sekalian akan meload lebih cepat jika menaruh semua javascript di bagian footer atau sidebar aja.

3. Foto dan Media

Semakin banyak video, gambar atau multi-media lainnya yang ada di blog kita, maka semakin lama pula proses loadingnya. Tapi memang gambar atau multimedia lainnya cukup penting juga untuk menarik pengunjung dalam membaca blog Anda, jadi penting bagi anda untuk mengoptimalkan kecepatan dalam memuat gambar ataupun media lainnya. 

Bingung? Sama, hehe. Maka dari itu, kebetulan aja nih saya punya tips-tips yang sedikit banyak bisa mempercepat loading blog kita. Sekedar informasi yang patut juga buat diterapin.

  • Sebaiknya, kita gak memasang gambar yang size nya lebih dari 10kb per gambar.
  • Jika kita punya gambar besar yang harus ditampilkan, kita dapat meng-upload dahulu semua foto ke Picasa Web Album lalu link-kan ke album kita, baru di posting.
  • Jika kitasudah nambahin CSS custom untuk blog, pastikan kita letakkan di bagian atas halaman.
  • Untuk konten yang paling penting dari blog, khususnya yang memberi perhatian buat pembaca, itu harus cepat loadingnya.
  • Sebaiknya tidak menggunaan javascript yang berlebihan.
  • Tidak kebanyakan label.
  • Tidak memasang efek-efek yang sekiranya bikin blog kita tambah berat.
  • Tidak menggunakan animasi flash yang ukurannya gede.
  • Hindari mengupload foto diri sendiri, terutama yang narsis, sebab selain memperberat kerja CPU kita dan loading time. Wajah anda juga mempengaruhi mood dari pengunjung blog anda. So, hati-hati ya! (hehe, iyo bar iki mesti cah-cah podho ngamuk, hehe).
Bener sih, blog kalian jadi kurang rame. Gak ada ini, gak ada itu. Tapi tahukah agan dan sist sekalian kalo situs yang bagus itu situs yang simple? Kalo gak percaya silahkan buka http://google.com itu.  Hanya dengan sebuah kotak pencarian, beberapa menu option dan halaman hasil pencarian. Betapa simple, minimalis, sedeharna. Tapi heibeat banget. Oke, sekian dulu tips-tips dari saya. Kalo ada agan dan sist yang mau menambahkan, ya monggo., hehe.

5 komentar:

Unknown said...

nice post sist
keep blogging yeee

Rachma Tria said...

oke,, thanks dah mampir gan,,

Sapi said...

om blog nya keren !!!

Rachma Tria said...

yah. bukan om, ini mbak... hhehe

fatimah Khumairah said...

I like it....

Post a Comment

Saya cuma manusia biasa yang pasti gak pernah luput dari salah.
Dimohon kritik dan saran para Agan dan Sist semua.
Komen 1 dapat kupon, 10 komen dapat gelas, 20 komen dapat piring, periode 2 detik setelah baca tulisan ini. Hehehe...