Assalamu'alaikum... Welcome in My Site!

Pages

Sunday 21 February 2010

Fenomena ALAY Anak Muda Zaman Sekarang

Share/Bookmark

Fenomena ALAY (Anak Lebay, Anak Layangan, Anak Layu, Anak Kelayapan) yang sering dihubung-hubungkan dengan JARPUL (JARang PULang), OBLO (Organisasi Bocah Lali Omah) istilah ini untuk menggambarkan anak yg sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Konon asal usulnya, alay diartikan "anak kampung", karena anak kampung yang rata-rata berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.

Menurut Koentjara Ningrat :
"Alay adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi Indonesia, yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakain, sekaligus meningkatkan kenarsisan, yang cukup mengganggu masyarakat dunia maya (baca: Pengguna internet sejati, kayak blogger dan kaskuser). Diharapkan Sifat ini segera hilang, jika tidak akan mengganggu masyarakat sekitar"

Menurut Selo Soemaridjan :
"Alay adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan seperti itu."

Ciri-ciri ALAY :
  1. Suka banget pake tulisan gEde kEcil - gede keCil.
  2. Sok bergaya Emo atau Harajuku, tapi pas ditanya sejarah dan asal mulanya gak tau sama sekali.
  3. Nama profil, bahasa sms atau ngirim komentar memakai bahasa aneh yang mengagung-agungkan dirinya sendiri seperti, "aQuWh, maNi3eZz, prienCess cutHEsZ, Tikha cHanTiEqHKh, Sha lUthuwh"
  4. Sok gaya soal mode, contoh : celana pensil kotak-kotak merah, kaos skater (palsu) item dekil, kacamata biru, parah??
  5. Kemana-mana pake boxer dekil, trus pake celana pensil (dekil juga) trus diplorotin biar keliatan boxernya.
  6. Naik motor dengan kebut-kebutan dan goyang-goyangin pantat biar dikira pembalap kali ya?? Trus suara motornya asli bikin kuping budeg deh...
  7. Kalo jalan kaki pasti rame-rame, trus tangannya gak mau diam, misalnya : nyobekin daun-daun di pinggir jalan.
  8. Gaya rambut cowok ALAY njeprak-njeprak, berponi, dicat merah, dst.
  9. Pake tas model postman bag, tapi gak jelas beli di distro yang mana.
  10. Kurus kerempeng, suka memegang rambut bertampang melas kayak pembokat (huaa??)
  11. Ngerasa sok paling tau soal musik, padahal mereka tidak tahu menahu soal lagu barat yang lagi nge-tren. Paling senang lagu Indonesia yang cengeng, dikit-dikit nangis, atau malah over triak-triak. Trus kalau tau lagu barat, paling taunya cuma lagu jaman eighty paling pol juga ninety. Parah banget kan??
  12. Foto dengan gaya bibir dimonyongin biar sok imut, dari atas biar gak kelihatan gendut, digelap-gelapin biar emo padahal cuma buat nutupin jerawat, trus deket banget ama wajah biar gak kelihatan jelek-jelek amat. Hehehe... eneg banget khan??
  13. Tongkrongannya di pinggir-pinggir jalan, yang cowok godain cewek yang cewek godain cowok, ih...gak banget deh...
  14. Buat yang cewek, selalu crita soal cowok mulu, berasa cantik lah pokoknya... Idiih!!
  15. Buat yang cowok, sok bikin ribut dengan temen cowoknya yang lain, biar dianggep keren. Ha?? Emangnya pengaruh??
  16. Suka kasih shout atau bulbo di FS, YM, ato FB dengan "aqkkuuwhh onDLieNhe dyi cinniEehh" ato "ayuKh52 p3rR4nK52 cOmM3ndtH d3n64NTH s441i44..." ihh,, bener-bener kampret deh tu orang ALAY! Ato ngasih judul dengan "muWkh4 dwu4Ah.." ternyata isinya kosong. Idihhh...
  17. Menganggap dirinya paling eksis di situs jejaring sosial kayak FS ato FB dengan banyak-banyakan comment. Trus kenapa kalo commentnya banyak? Gak penting banget deh!
  18. FS dipenuhi glitter-glitter yang so pasti norak dan merusak mata.
  19. Foto di FS ato FB bisa mencapai 300 lebih, padahal cuma FOTO DIRINYA SENDIRI... :heran.
  20. Suka menghina orang lain yang gak sama dengan dia.
  21. Beraninya bikin ulah kalo barengan, kalo sendiri aja mengkeret.
  22. Sok kaya, sok ganteng, sok cantik, sok imut, sok manis, sok pinter tapi kalo ditanya URL aja gak tau... emang dasar gebleg...
Anak-anak ALAY memang suka melebih-lebihkan, sangat norak dan tidak elite. Ato lebih tepat disebut kampungan.

Apakah kampungan itu?
Definisi kampungan, bukan anak yang tinggal di kampung, melainkan perilaku yang tidak mencerminkan dirinya sebagai manusia yang benar, setidaknya berbuat benar. Contohnya: tawuran antar kampung atau antar sekolah, nongkrong di halte bareng geng alaynya sambil godain cewek, bergerombol di stasiun, di mall jelek, di pasar sambil ngerokok terus bicara dengan nada yang tidak bisa disebut tinggi tapi lebih tepat cempreng sambil ngatain temen se gengnya dan tentu saja sebagian masih menggoda cewek yang lewat, kalo di bioskop suka nyari perhatian dengan suara cemprengnya komentar gak jelas ketawa berlebihan dll.

Well, celana skinny dengan baju agak ketat warna item, pake sepatu converse, gaya rambut lurus dan panjang di depan namun cepak di belakang. Namun acapkali alay mencoba menerapkan gaya tersebut, rambut yang seolah dipaksa-paksain, celana abal, baju abal, sepatu apa lagi, ditambah dengan ikat pinggang metal yang khas sekali, bisa dicari di pasar-pasar atau mall-mall jelek.

Oke gayanya minta digampar emang. Kebanyakan alay adalah supporter sepakbola yang fanatik atau berlebihan, sesuai dengan definisi kampungan dari seorang alay, yaitu tidak sportif kalo kalah, terus rusuh barang-barang dirusakin.

Dan fenomena ALAY asli bikin repot yang baca, bisa 5 jam bacanya, trus bisa bikin orang salah tafsir.
Contoh :

Alayisme :
"5Yg, Km l6 dmn? Km M5H N6R454 mrh? J6n mrh dOn6 kM... KL mRh-mrh nt cPt Tw. B5k km Mw 1kt 4k BlK smp k Rmh skt 6? Kt j3ngUK p4k D053n y6 L6 5kt 1Tu. trs dr 5tu km cbt 4j sMp l65 K rMhMu, k4n uDah d3ket. pkny km j6n Mrh mlUlu 4J KRjny, nt jd s5k Np5 ky 0p4-0P4"
Arti pertama :
Sayang, kamu lagi di mana? Kamu masih ngerasa marah? Jangan marah dong kamu...Kalo marah-marah ntar cepet tua. Besok kamu mau ikut aku balik sampe ke rumah sakit gak? Kita jenguk Pak Dosen yang lagi sakit itu. Terus dari situ kamu cabut aja sampe ke rumahmu, kan udah deket. Pokoknya kamu jangan marah melulu aja kerjanya, nanti jadi sesak napas kayak opa-opa"
Arti kedua :
"Sayang kamu lagi demen? Kamu masih ngrasa murah? Jagoan murah dong kamu... Kalo murah-murah ntar copot tau. Busuk kamu mau ikat aku balok sampe ke rumah sakit ga? Kita jenguk pak dosen yang lagi sakit itu. Trus dari situ kamu cubit aja sampe langsing ke rumahmu, kan udah deket. Pokoknya kamu jagoan murah melulu aja kerjanya, ntar jadi sasak napsu kayak opa-opa"

Trus aku masih heran aja, kok masih ada orang ALAY yang gak ngerasa banget kalo dirinya ALAY, kayak bilang gini "Biasa aja tuh" ato "Gak ah"... idihh, munafik banget kali...
Jujur, aku emang salah satu orang yang risih banget dengan adanya ALAY. Aku berharap, semoga kalian (yang ALAY) cepetan sembuh. Trus, kalian bertanya-tanya, gimana caranya aku nulis bahasa ALAY sebagai contoh di atas? Caranya klik di sini.

SAY NO TO ALAY...!!!!

4 komentar:

Unknown said...

setuju.. like this,,
para remaja indonesia kebanyakan sdh terkena wabah ini,, harus dihilangkan !

Rachma Tria said...

tapi jangan orangnya, perilakunya..
hehe,

Suka Piknik said...

"Suka menghina orang lain yang gak sama dengan dia."

semoga posting diatas gk bermaksud demikian thd kaum alay ya... ;)

kebiasaan Alay memang kdg mengganggu. tp kita kan tdk hrs mendidiknya dgn cara2 yg mengganggu jg. masyarakat harus memberi contoh yg benar.

alay hanyalah sekedar trend, tidak akan bertahan lama. sebelum akhirnya trend alay itu berganti marilah kita sebarkan kebiasaan2 yg lebih Indonesia :)

Tira Soekardi said...

alay kl tidak merugikan orang aja dah nyebelin apalagi yg merugikan org lain, bikin mau marah aja/

Post a Comment

Saya cuma manusia biasa yang pasti gak pernah luput dari salah.
Dimohon kritik dan saran para Agan dan Sist semua.
Komen 1 dapat kupon, 10 komen dapat gelas, 20 komen dapat piring, periode 2 detik setelah baca tulisan ini. Hehehe...