Assalamu'alaikum... Welcome in My Site!

Pages

Tuesday 2 February 2010

Dampak Facebook Bagi Pelajar

Share/Bookmark
Perkembangan facebook demikian marak dibeberapa Negara. Kali ini kami ingin mengadakan diskusi tentang facebook.

Tentunya dengan Facebook kita dapat kembali bertemu dengan teman-teman lama walaupun di dunia maya. Dengan facebook komunikasi antar teman menjadi lancar walaupun berjauhan. Feature-nya cukup beragam membuat nyaman menggunakannya. Bagi yang sedang jauh dari komunitas aslinya karena tugas misalnya, atau sedang studi di luar kota atau luar negeri manfaat facebook sangat terasa. Misalkan kita mempunyai teman yang berada di luar kota bahkan luar provinsi. Kita masih bias berhubungan dan menjalin akses dengan dia, bukan?

Dengan Facebook kita bisa bertukar pikiran dengan sangat mudah dan difasilitasi dengan bagus. Sebagai contoh ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahu tentang sesuatu tinggal kita tuliskan dalam status maka akan banyak respon dari teman kita. Facebook dapat juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan suatu ide seperti Say No to Drug atau ide-ide lainnya. Membangun komunitas melalui group atau pages dengan tujuan yang baik akan sangat bermanfaat dan akan berkembang dengan sangat cepat apabila dibangun bersama-sama. Seharusnya, memang facebook kita manfaatkan secara positif.

Dampak positif dari facebook memang banyak sekali. Tanpa kita sadari, timbullah juga dampak negatif. Seperti yang saya sebutkan diatas, facebook dapat kita gunakan untuk bertukar pikiran dengan cara menuliskannya pada status. Tapi kebanyakan diantara kita, menulis status dengan hal-hal yang tidak terlalu penting. Juga dengan facebook, orang-orang biasanya membuat group dan pages yang tidak penting dan sama sekali tidak menguntungkan serta hanya mencari sensasi. Itu jelas menghabiskan banyak waktu kita. Bukankah begitu?

Selain itu, dampak negatif lain dari facebook diantaranya
  1. Mengurangi efektifitas belajar, karena diakui atau tidak diakui pasti facebook menyita waktu belajar.
  2. Berkurangnya perhatian terhadap keluarga. Bisa kita bayangkan suasana keluarga ketika berkumpul, jika mulai dari ayah, ibu dan anak-anaknya bermain facebook masing-masing?
  3. Tergantikannya kehidupan sosial. Kita merasa sudah cukup untuk berkomunikasi lewat dunia maya saja sehingga mengurangi frekuensi tatap muka yang seharusnya tidak bisa digantikan dengan rentetan kata-kata. Apalagi ada juga yang sampai menjalin cinta hanya lewat facebook. Betul-betul aneh!
  4. Pornografi. Ini sangat rentan apalagi bagi pelajar seusia kita. Tentunya ada saja yang memanfaatkan facebook untuk hal-hal semacam itu. Bisa juga melalui group atau pages.
  5. Kesalahpahaman sering timbul karena ketika kita menulis di status, di wall dan komentar diberbagai aplikasi adalah sama saja seperti obrolan pada kehidupan nyata bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang menimbulkan salah tafsir.
  6. Duduk berlama-lama didepan komputer atau laptop, apalagi untuk aktifitas yang tidak perlu, pasti menyita banyak waktu dan menyebabkan resiko penyakit mata, ambeien, atau penyakit –penyakit lain.

0 komentar:

Post a Comment

Saya cuma manusia biasa yang pasti gak pernah luput dari salah.
Dimohon kritik dan saran para Agan dan Sist semua.
Komen 1 dapat kupon, 10 komen dapat gelas, 20 komen dapat piring, periode 2 detik setelah baca tulisan ini. Hehehe...